DISNAKBUN GENCAR MALAKUKAN SOSIALISASI DAN VAKSINASI PADA HEWAN TERNAK UNGGAS

Baru- baru ini Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar melakukan kegiatan Sosialisasi dan Vaksinasi hewan ternak unggas di Kecamatan Beruntung Baru.  Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat dalam kegiatan pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit menular ternak.

Untuk itu diharapkan masyarakat dapat bekerjasama untuk melakukan pencegahan dengan cara melakukan penyemprotan pada kandang-kandang ternak dan disekitar lingkungan warga agar penyebaran virus dapat dicegah dan hal tersebut tak akan berhasil bila tidak didukung semua pihak baik masyarakat maupun pemerintah. Virus ini menimbulkan dampak kerugian yang luar biasa salah satunya ekonomi.  Bukan hanya kerugian materi tetapi juga jiwa karena flu burung dapat menular kepada manusia yang menyebabkan kematian.

Vaksin adalah program pemberian kekebalan terhadap virus tertentu. vaksin ada dua tipe , vaksin live / hidup di lakukan dgn cara tetes mata dan minum dan vaksin kill / mati   di lakukan dengan suntik / injeksi.

Vaksin tersebut antara lain  ND. Ada juga beberapa vaksin untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti vaksin kolera dan coryza

Vaksin untuk ayam khususnya ayam kampung ada berbagai bentuk jenis dan fungsinya. Dalam peternakan ayam pemberian vaksin adalah kebutuhan wajib untuk pencegahan dengan menekan terjadinya penyakit pada ayam. Pemberian vaksin atau vaksinasi yang tidak tepat mengakibatkan tindakan yang sia-sia. Atau bahkan menimbulkan dampak yang sebaliknya.

Fungsi Vaksinasi

Vaksinasi atau pemberian vaksin mempunyai fungsi untuk membentuk dan menambah anti bodi semacam kekebalan tubuh bagi ayam agar terhindar dan kebal terhadap berbagai penyakit dan pada akhirnya produksi akan optimal.

Tujuan Vaksinasi

Vaksinasi atau pemberian vaksin diharapkan sebagai langkah proteksi atau perlindungan terhadap virus (mikroorganisme) merugikan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit unggas.