Home / Artikel / DISNAKBUN LAKUKAN VAKSINASI BIBIT TERNAK ITIK DI KELOMPOK TANI HALATUNG KEC. ASTAMBUL

DISNAKBUN LAKUKAN VAKSINASI BIBIT TERNAK ITIK DI KELOMPOK TANI HALATUNG KEC. ASTAMBUL

Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Peternakan tidak terbatas pada pemeliharaaan saja, memelihara dan peternakan perbedaannya terletak pada tujuan yang ditetapkan. Tujuan peternakan adalah mencari keuntungan dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal. Kegiatan di bidang peternakan dapat dibagi atas dua golongan, yaitu peternakan hewan besar seperti sapi, kerbau dan kuda, sedang kelompok kedua yaitu peternakan hewan kecil seperti ayam, kelinci, itik, burung puyuh, babi dan kambing dan lain-lain.

Salah satu cara untuk melakukan pengendalian terhadap penyakit adalah dengan melakukan upaya pencegahan penyakit diantaranya dengan melakukan vaksinasi yang merupakan suatu upaya mengurangi interaksi antara organisme penyebab penyakit dengan tubuh hewan sampai pada tingkat hanya memicu pembentukan antibodi (kekebalan tubuh, karena jumlah agen penyakit telah dikurangi atau dimatikan, oleh sebab hospes telah terlindungi dan atau infeksi pada tubuh hewan dapat dicegah.

Begitu pula yang ada di wilayah Kabupaten Banjar, lebih tepatnya di Kelompok Tani Halatung Desa Tambak Danau Kecamatan Astambul. Menindak lanjuti adanya bantuan/hibah bibit itik petelur, maka Dinas Peternakan dan Perkebunan Kab. Banjar melakukan vaksinasi terhadap bibit itik tersebut. Dimana Kelompok Tani Halatung didirikan pada Tahun 2004 dan diketuai oleh Muhammad Naupal ini mendapatkan bantuan/hibah bibit itik sebanyak 2000 ekor.

Drh. Asep Yusuf Nugraha didampingi oleh Fakhrurrazi Arifin selaku Kasi Pengembangan dan Perwilayahan Peternakan melakukan langsung kegiatan vaksinasi tersebut. Dan berharap para peternak dapat melakukan perawatan bibit-bibit tersebut dengan baik dan benar, seperti penyemprotan disinfektan di sekitar kandang agar mengurangi risiko penyebaran virus atau bakteri yang dapat menyerang ternak. (MHM)

Check Also

LIMA KECAMATAN DI KABUPATEN BANJAR MENDAPATKAN 10.000 EKOR BIBIT TERNAK ITIK DARI PROGRAM BANTUAN HIBAH

Program bantuan/hibah ternak itik di Kabupaten Banjar nampaknya akan kembali dilajutkan kembali di bulan Oktober …