Home / Artikel / DISNAKBUN SIAPKAN 1,4 TON TELUR AYAM UNTUK DIBAGIKAN KEPADA MASYARAKAT YANG TERDAMPAK COVID-19

DISNAKBUN SIAPKAN 1,4 TON TELUR AYAM UNTUK DIBAGIKAN KEPADA MASYARAKAT YANG TERDAMPAK COVID-19

Dengan diumumkannya status Karantina Wilayah oleh Presiden Jokowi atas semakin mewabahnya Virus corona, maka secara tidak langsung berdampak secara menyeluruh dari segi ekonomi khususnya bagi masyarakat menengah kebawah. Terutama yang pada dasarnya menggantungkan hidupnya baik itu dari berjualan asongan, dari mengojek bahkan buruh harian, yang langsung memberikan dampak negatif atas pendapatan mereka, sehingga masyarakat tidak bisa memenuhi kehidupan mereka sehari-hari, khususnya yang memiliki sanak keluarga. Tentunya akan merasakan kebingungan, dengan cara apa yang bisa mereka tempuh guna bisa memenuhi kehidupan mereka sehari hari, dan tidak hanya itu bagi para ojek pangkalan atau ojek online yang mempunyai kredit motor, pasti juga merasa bingung bagaimana cara untuk membayar cicilan motor atas semakin mewabahnya virus corona.

Dampak yang meluas bagi kalangan masyarakat yang tidak mampu yang mengharapkan solusi terbaik dari Pemerintah Baik itu Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, dalam hal ini bisa memberikan langsung kebijakan yang bisa meringankan ekonomi masyarakat menengah kebawah. Dan tidak terkecuali bagi karyawan atau pekerja swasta baik itu bekerja di Perusahaan atau bekerja di Hotel yang terkena dampak dirumahkan untuk sementara waktu yang tidak ditentukan secara otomatis mereka tidak memiliki penghasilan.

Dalam hal ini peraturan yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan yang disebutkan dengan terang, “selama dalam Karantina Wilayah, kebutuhan hidup dasar orang dan makanan hewan ternak yang berada di wilayah karantina menjadi tanggung jawab Pemerintah.” Dengan demikian masyarakat menengah kebawah tidak perlu kuatir dikarenakan Pemerintah secara tegas akan memberikan solusi yang terbaik bagi warga yang diwilayahnya terpapar virus Covid-19.

Pemerintah Kabupaten Banjar dalam hal ini Dinas Peternakan dan Perkebunan bersinergi dengan Dinas Ketahanan Pangan serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah memberikan bantuan langsung kepada masyarakat miskin berupa bahan pokok Beras dan Telur. Bahan Pokok ini nantinya akan didistribusikan ke kecamatan diseluruh Kabupaten Banjar.

Ir. H. Dondit Bekti A. Selaku Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar menyiapkan lebih kurang 1,4 ton telur ayam ras untuk tahap pertama yang akan dibagikan kepada 2.750 Kepala Keluarga sebagaimana instruksi dari Bupati Banjar.

Pengiriman dilakukan dengan dua tahap, tahap pertama yang masuk ke gudang sebanyak 550kg dan tahap kedua 850kg. Setelah itu dilakukan pengemasan menggunakan plastik mika masing-masing berisi 8 butir telur atau lebih kurang 0,5kg/pcs.

Pemerintah selalu menghimbau bagi warganya terkhusus Masyarakat Kabupaten Banjar untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dengan selalu mencuci tangan dan selalu menjaga jarak dalam setiap berinteraksi yang di kenal dengan istilah social distancing, dan selalu tetap berada dirumah. Jika diperlukan untuk bepergian dalam keadaan yang penting maka diharapakan untuk selalu memakai masker, sehingga bisa mencegah penularan covid-19. (Yuda)

 

Check Also

LIMA KECAMATAN DI KABUPATEN BANJAR MENDAPATKAN 10.000 EKOR BIBIT TERNAK ITIK DARI PROGRAM BANTUAN HIBAH

Program bantuan/hibah ternak itik di Kabupaten Banjar nampaknya akan kembali dilajutkan kembali di bulan Oktober …