Home / Artikel / MENJELANG DIBERLAKUKANNYA PSBB, DISNAKBUN SIAPKAN 30.1 TON TELUR AYAM UNTUK MASYARAKAT YANG TERDAMPAK COVID-19

MENJELANG DIBERLAKUKANNYA PSBB, DISNAKBUN SIAPKAN 30.1 TON TELUR AYAM UNTUK MASYARAKAT YANG TERDAMPAK COVID-19

Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Banjar sudah hampir dua pekan ini sibuk membagikan telur ayam ras dalam jumlah besar di 6 kecamatan. Ada sekitar 30.1 ton lebih telur ayam yang sudah didistribusikan.

Adapun tujuan Disnakbun menyiapkan 30.1 ton telur adalah untuk kepentingan program jaring pengaman sosial (JPS). Lebih tepat program JPS dalam rangka penanggulangan virus corona (covid-19).

Saat ini Pemkab Banjar tengah mempersiapkan penerapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan dimulai pada hari sabtu 16 mei 2020 mendatang.

Khusus untuk 6 kecamatan yang mendapatkan program bantuan JPS, masyarakat yang telah mendapat bantuan sembako tersebut akan mendapatkan tambahan bahan pangan berupa ikan segar, telur ayam, beras dan bahan pokok lainnya  selama 14 hari pelaksanaan PSBB.

Pemkab Banjar  berharap pelaksanaan program ini selain membantu masyarakat tak mampu, juga bisa meningkatkan perekonomian dunia usaha yang saat ini terpuruk dan memberdayakan usaha mereka sehingga tetap berlangsung.

Dari hasil pendataan siapa saja yang berhak mendapatkan JPS dikonkritkan. Dalam hal ini pihak kecamatan berkoordinasi dengan Dinas Sosial. Hasilnya didapat 30100 KK yang akan mendapatkan bantuan JPS.

Dijelaskan Dondit, telur sebanyak 30,1 ton yang sudah disiapkan tersebut telah didistribusikan di 6 Kecamatan. Karena kondisi gudang yang ada tidak memungkinkan untuk menyimpan dalam waktu relatif lama.

“Idealnya kualitas telur bisa bertahan di ruang terbuka hanya 3 pekan saja. Lebih dari itu kualitasnya pasti menurun,” jelas dia. (anonim)

Check Also

LIMA KECAMATAN DI KABUPATEN BANJAR MENDAPATKAN 10.000 EKOR BIBIT TERNAK ITIK DARI PROGRAM BANTUAN HIBAH

Program bantuan/hibah ternak itik di Kabupaten Banjar nampaknya akan kembali dilajutkan kembali di bulan Oktober …