Home / Berita / KELOMPOK TANI TERNAK TAMBAN MAKMUR WAKILI KAB. BANJAR LOMBA TK. PROVINSI

KELOMPOK TANI TERNAK TAMBAN MAKMUR WAKILI KAB. BANJAR LOMBA TK. PROVINSI

Penilaian Kelompok Tani Ternak Berprestasi

Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan Lomba Kelompok Tani Ternak Berprestasi agar dapat menemukan para peternak khususnya sapi potong. (27/3).

Untuk lebih memasyarakatkan sapi potong, diadakan penilaian Lomba Kelompok Tani Ternak Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Kabupaten Banjar mendapat kesempatan untuk dinilai secara langsung oleh Tim yang dikomandani Ir. H. Marsaid, MP  dkk. dari Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan.

Kelompok Tani Ternak Tamban Makmur  desa Rantau Bakula Kecamatan Sungai Pinang mendapat penilaian langsung karena selama ini mereka sudah melakukan berbagai inovasi seperti memberdayakan warga sekitar agar terbiasa memelihara sapi potong untuk mensejahterakan keluarganya. Sedangkan untuk penanganan limbah kotoran, pihaknya diolah menjadi pupuk organik yang dikelola,

Kami disini juga berdialog secara langsung, apa yang sudah dilakukan oleh para peternak, juga kelompok tani ini sendiri, disamping verifikasi juga melakukan pembinaan untuk peningkatan populasi sapi agar lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan masyarakat luas ujar Marsaid. di tempat yang sama, Ir. H. Roosnandi Noor (Kepala Bidang Suberdaya dan Penyuluhan)  yang didampingi Gt. M. Haris Fadillah, SP, M.Ling (Kepala Seksi Kelembagaan dan Penyuluhan) Disnakbun Kabupaten Banjar disela-sela pelayanan kesehatan ternak sapi potong mengatakan sapi disini bagus-bagus, manajemen juga baik, bahkan masyarakat peternak sapi potong sangat antusias berbondong-bondong membawa ternaknya untuk dilayani kesehatannya maupun di inseminasi buatan yang lebih dikenal dengan sebutan kawin suntik karena dalam kesempatan itu juga dilakukan pelayanan kesehatan hewan,

Hendaknya Kecamatan Sungai Pinang tiap tahun selalu mendapatkan kesempatan seperti ini  dan kami bangga ada Kelompok Tani Ternak yang lokasinya cukup jauh dari Martapura bisa dibanggakan mengikuti lomba mewakili Kabupaten Banjar, untuk memberikan apresiasi motiviasi kepada peternak yang sudah mampu mengembangkan khususnya sapi potong dengan baik. Seperti sapi disini, gemuk, sehat dan bulat ungkap Anto Setyawan, S.Sos, MA. (Camat Sungai Pinang)

Lebih lanjut dijelaskan oleh Sumitro Ketua Kelompok Tani Ternak Tamban Makmur yang berkedeudukan di jalan Sungai Pula RT 05/RW 03 Desa Rantau Bakula Kecamatan Sungai Pinang   Kabupaten Banjar berdiri 3 Januari 2005 dengan jumlah anggota 37 orang dan luas lahan 37 ha. (Boy).

Check Also

KETERSEDIAAN STOK HEWAN DI KABUPATEN BANJAR SUDAH TERCUKUPI UNTUK HARI RAYA IDUL ADHA 1441 H

Ketersediaan stok hewan kurban di Kabupaten Banjar berjumlah 1080 ekor sapi yang sudah terkumpul di …