Home / Artikel / PENDAMPINGAN UPSUS SIWAB / SIKOMANDAN BERSAMA DITJEN PSP (PRASARANA DAN SARANA PERTANIAN )

PENDAMPINGAN UPSUS SIWAB / SIKOMANDAN BERSAMA DITJEN PSP (PRASARANA DAN SARANA PERTANIAN )

DISNAKBUN – dalam kegiatan pendampingan UPSUS SIWAB / SIKOMANDAN Dinas Peternakan dan perkebunan terutama  bidang peternakan Bersama Ditjen Prasarana dan sarana pertanian (PSP) dalam kegiatan operasional ini melaksanakan kegiatan Inseminasi Buatan (IB), Pemeriksa Kebuntingan (PKB) kelahiran dan identifikasi akseptor di desa gunung batu kecamatan sambung makmur.

Inseminasi Buatan pada sapi (kawin suntik) adalah suatu cara atau teknik untuk memasukkan mani (spermatozoa atau semen) yang telah dicairkan dan telah diproses terlebih dahulu yang berasal dari ternak jantan ke dalam saluran alat kelamin betina dengan menggunakan metode dan alat khusus yang disebut ‘insemination gun.

Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) adalah teknik pendeteksian dini terhadap status kebuntingan, sekaligus mengetahui kondisi reproduksi sapi. Pemeriksaan Kebuntingan dalam pelayanan ini dilakukan melalui palpasi rectal, merupakan cara pemeriksaan yang sederhana, namun membutuhkan keterampilan dan latihan yang intensif sehingga petugas PKB mampu mendiagnosa kebuntingan, sekaligus menentukan umur kebuntingan, mengetahui posisi fetus dan memprediksikan kelahiran. Dengan demikian maka dapat di prediksikan kondisi kebuntingan sapi, sekaligus dapat mencegah kondisi gangguan reproduksi maupun gangguan kelahiran pada sapi saat melahirkan.

Dalam kegiatan ini bidang peternakan dan Ditjen PSP melakasanakan Inseminasi Buatan (IB), Pemeriksa Kebuntingan (PKB) kelahiran dan identifikasi akseptor di desa gunung batu kecamatan sambung makmur sebanyak 58 ekor.

Diharapkan dari kegiatan UPSUS SIWAB / SIKOMANDAN menambah populasi jumlah ternak sapi/kerbau dan solusi cerdas swasembada daging sapi dan kerbau yang diimplementasikan dalam kegiatan Upaya Khusus (UPSUS).  ( Mr.Gj )

Check Also

DISTRIBUSI BANTUAN/HIBAH BIBIT ITIK KAB. BANJAR TELAH RAMPUNG 100%

Distribusi bantuan/hibah ternak bibit itik di Kab. Banjar telah rampung 100% setelah melalui pengiriman secara …