Home / Artikel / PENGEMBANGAN TANAMAN RUMPUT ODOT DI LAHAN HPT DISNAKBUN

PENGEMBANGAN TANAMAN RUMPUT ODOT DI LAHAN HPT DISNAKBUN

Rumput odot (Pennisetum purpureum) merupakan salah satu varietas rumput gajah. Di luar negeri rumput ini di kenal sebagai Napier Grass, atau Mott Elephant Grass. Tanaman ini mampu tumbuh pada musim kemarau dengan tanah yang memiliki tingkat kesuburannya rendah.

Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar memiliki beberapa sektor program unggulan diantaranya adalah Klinik Hewan dan UPT Perbibitan pada Bidang Peternakan. Bertempat di Desa Jingah Habang Ilir, Kecamatan Karang Intan tepat bersebelahan dengan UPT Rumah Potong Hewan (RPH), UPT Perbibitan Disnakbun melakukan pengembangan Hijauan Pakan Ternak (HPT) guna menunjang kebutuhan gizi ternak di Perbibitan. Dibawah Kasi Produksi dan Perbibitan Gusti Rahmatullah, SP Lahan Hijauan Pakan Ternak perbibitan kembali menghijau dengan rumput Odot (Pennisetum purpureum).

Rumput ini pertama kali di temukan oleh Dr. W. Hanna di Georgia, USA kemudian dikembangkan oleh Dr. Mott dan rekannya di Florida, USA. Ciri-ciri dari rumput odot sendiri adalah memiliki tinggi 40–75 cm, dalam satu rumpun rumput ini menghasilkan 50–80 batang. Selain itu batangnya empuk, tidak berbulu, dan menghasilkan banyak ruas dalam satu rumpun serta memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari rumput gajah, yakni 11 persen. (yd)

Check Also

LIMA KECAMATAN DI KABUPATEN BANJAR MENDAPATKAN 10.000 EKOR BIBIT TERNAK ITIK DARI PROGRAM BANTUAN HIBAH

Program bantuan/hibah ternak itik di Kabupaten Banjar nampaknya akan kembali dilajutkan kembali di bulan Oktober …