Home / Artikel / PERTEMUAN / RAPAT PETUGAS PIP PROVINSI KALSEL TAHUN 2020

PERTEMUAN / RAPAT PETUGAS PIP PROVINSI KALSEL TAHUN 2020

Salah satu langkah untuk mendorong pengembangan pemasaran Komoditas Peternakan adalah dengan mengoptimalkan kinerja para petugas Pelayanan Informasi Pasar (PIP) dalam menjaga ketersediaan informasi harga pasar yang aktual, akurat dan berkelanjutan.

“Informasi tersebut menjadi bahan dalam menyusun kebijakan di bidang pemasaran produk peternakan, serta menjadi referensi bagi pelaku usaha peternakan dalam merencanakan usaha bahkan dapat menjadi data base untuk melakukan analisis dan  penelitian,”

Mengoptimalkan aplikasi SIMPONI-Ternak, yakni Sistem Informasi Pasar Online Nasional Peternakan yang menyediakan data dan informasi perkembangan harga ketersediaan produk di peternak sampai pada level konsumen, berdasarkan input petugas PIP dilapangan secara harian. “Keaktifan petugas PIP sangat penting, karena data dan informasi harga tersebut dapat diakses secara langsung oleh para pengambil kebijakan dan masyarakat umum secara real time,”

Usai pertemuan petugas PIP Nasional pada bulan Februari lalu, hampir tidak ada lagi pertemuan petugas PIP yang biasanya rutin dilaksanakan baik oleh Pusat maupun Provinsi. Ini disebabkan oleh pandemi Covid-19 sehingga rapat atau pertemuan Petugas PIP tidak dapat dilaksanakan secara langsung.

Namun ada yang berbeda tatkala kondisi “New Normal” atau kebiasaan baru telah diterapkan. Selasa 18 Agustus 2020 Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan mengadakan pertemuan / rapat Petugas Informasi Pasar (PIP) tingkat Provinsi. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, dihadiri oleh 13 Kabupaten Kota di Provinsi Kalimantan Selatan, Alhamdulillah petugas PIP Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Banjar mendapat penghargaan sebagai petugas PIP Terbaik 1 (Pertama). Terbaik kedua diisi oleh Petugas PIP Hulu Sungai Selatan dan terbaik ketiga diisi oleh Petugas PIP Kabupaten Tapin.

Piagam Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan Drh. Hj. Suparmi, MS pada ketiga petugas terbaik tersebut. Adapun Harapan dari petugas PIP di Provinsi Kalimantan Selatan di forum agar kiranya petugas PIP dapat diperhatikan kembali kesejahteraannya dan teruntuk petugas yang berprestasi diberikan reward sesuai kebutuhannya dilapangan. (Yd)

Check Also

LIMA KECAMATAN DI KABUPATEN BANJAR MENDAPATKAN 10.000 EKOR BIBIT TERNAK ITIK DARI PROGRAM BANTUAN HIBAH

Program bantuan/hibah ternak itik di Kabupaten Banjar nampaknya akan kembali dilajutkan kembali di bulan Oktober …