Home / Artikel / PROGRAMA PENYULUHAN TINGKAT KECAMATAN TAHUN 2020

PROGRAMA PENYULUHAN TINGKAT KECAMATAN TAHUN 2020

KEGIATAN PROGRAMA PENYULUHAN TINGKAT KECAMATAN TAHUN 2020

Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kecamatan Karang Intan bertempat di Aula Balai Desa Sungai Landas di hadiri Ir. H. Dondit Bekti selaku Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar yang di dampingi Kelompok Jabatan Fungsional Peternakan dan Perkebunan, hadir juga Babinsa mewakili Danramil Kecamatan Karang Intan, Tokoh Masyarakat dan Perwakilan Kelompok Tani se Kecamatan Karang Intan, namun di sembilan belas kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Banjar melakukan hal yang sama, maksud dari Programa Penyuluhan Pertanian adalah pernyataan tertulis yang disusun secara sistematis tentang Rencana Kegiatan Penyuluhan Pertanian, yang menggambarkan keadaan sekarang, tujuan yang akan dicapai, masalah yang dihadapi, dan rencana kegiatan penyuluhan yang dilakukan secara partisipatif, guna mendukung pencapaian tujuan Program Pembangunan Pertanian. Programa Penyuluhan adalah rencana tertulis yang disusun secara sistematis untuk memberikan arah dan pedoman sebagai alat pengendali pencapaian penyuluhan.

Ir. H. Dondit Bekti berujar bahwa Programa Penyuluhan Pertanian adalah rencana kegiatan pembelajaran bagi petani dan keluarganya serta pelaku usaha pertanian lainnya yang terdiri dari berbagai kegiatan penyuluhan pertanian yang disusun oleh penyuluh pertanian bersama petani di suatu desa guna mengembangkan usaha pertanian keluarga kelompok dan desa kearah yang lebih produktif, lebih menguntungkan dan berkelanjutan yang disusun secara realita di lapangan yang disusun sesuai dengan keadaan sebenarnya, harus memberikan nilai manfaat bagi peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan prilaku untuk meningkatkan produktivitas, pendapatan, dan kesejahteraan pelaku utama dan pelaku usaha, dan juga dapat dilaksanakan oleh penyuluh, pelaku utama dan pelaku usaha dalam mencapai tujuan, disusun dengan memperhatikan program penyuluhan kecamatan, kabupaten, provinsi, dan nasional dengan berdasar kebutuhan pelaku utama dan pelaku usaha. diselengarakan secara terbuka antara penyuluh, pelaku utama dan pelaku usaha sehingga dapat diketahui oleh sesama unsur terkait, penyusunan programa yang diselenggarakan dengan saling menghormati pendapat dengan perencanaan yang telah dibuat dengan sederhana, terukur, rasional serta dapat dicapai dan terjadwalkan, demikian ujar Dondit sapaan akrabnya.

Masyarakat petani peternak dan pekebun pada umumnya merasa puas pada pertemuan tersebut dengan penuh keakraban dan sesekali diselingi candaan dari Bidang Sumberdaya dan Penyuluhan untuk menghidupkan suasana, di selingi dengan tanya-jawab dari peserta yag hadir. (Boy)

Check Also

LIMA KECAMATAN DI KABUPATEN BANJAR MENDAPATKAN 10.000 EKOR BIBIT TERNAK ITIK DARI PROGRAM BANTUAN HIBAH

Program bantuan/hibah ternak itik di Kabupaten Banjar nampaknya akan kembali dilajutkan kembali di bulan Oktober …