SOSIALISASI BANSOS PUPUK NPK DI PENGARON KABUPATEN BANJAR

Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar saat ini sedang melaksanakan Bantuan Sosial (Bansos) berupa pupuk NPK (Nitrogen, Phospor, Kalium) yang ditujukan pada sejumlah kelompok tani yang terdampak Covid-19. Dimana dana berasal dari Dana Insentif Daerah (DID) Tambahan TA 2020 yang bertujuan untuk mendorong pemulihan ekonomi di wilayah Kabupaten Banjar. Kadis Nakbun Ir. H. Dondit Bekti Agustiono memimpin langsung kegiatan sosialisasi tersebut. Turut hadir juga Koordinator Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Pengaron, aparat Desa Kertak Empat dan kelompok tani calon penerima bantuan tersebut.

Disnakbun Kab. Banjar mengalokasikan bantuan berupa pemberian Pupuk NPK pada Tanaman Karet seluas 300 Ha dengan jumlah pupuk sebanyak 39.000kg / 39 Ton pada 8 UPPB dan 11 kelompok tani di 6 kecamatan. Dan untuk UPPB Berkat Bersama Kecamatan Pengaron ada 2 (dua) Kelompok Tani penerima bantuan pupuk NPK, yakni :

  1. Kelompok Tani Sido Mulyo, dengan lahan seluas 26 Ha dan jumlah bantuan pupuk sebanyak 3.380 kg (3.38 Ton);
  2. Kelompok Tani Budi Karya, dengan lahan seluas 30 Ha dan jumlah bantuan pupuk sebanyak 3.900 kg (3.9 Ton).

Kadis Nakbun berharap bantuan pupuk ini agar tidak disalahgunakan untuk tanaman lain selain dari perkebunan (Karet), dan dapat membantu pemulihan ekonomi disektor pertanian / perkebunan serta memudahkan petani dalam proses pertanian. (MHM)