Home / Artikel / TIM KESWAN DAN KESMAVET PANTAU PEMOTONGAN HEWAN QURBAN

TIM KESWAN DAN KESMAVET PANTAU PEMOTONGAN HEWAN QURBAN

Idul Adha merupakan salah satu Hari Raya Umat Islam. Perayaan Idul Adha dilakukan bersamaan dengan ritual ibadah haji di Mekkah saat para jamaah tengah Wukuf atau istirahat di Arafah. Setiap tahunnya, lebih dari satu miliar Muslim di seluruh dunia merayakan hari raya yang juga dikenal dengan Idul Qurban. Dimana umat muslim berQurban baik dengan ternak besar maupun ternak kecil.

Seperti tahun-tahun sebelumnya Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar membentuk tim untuk kegiatan pemeriksaan Hewan Qurban yang terdiri dari seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) dan Seksi Kesehatan Hewan (Keswan). Dimana kedua seksi ini memiliki tugas dan fungsi menjamin keamanan dan kualitas produk-produk peternakan, serta mencegah terjadinya resiko bahaya akibat penyakit hewan / zoonosis dalam rangka menjamin kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Ditengah pandemi sekarang, Hari Raya Idul Adha panitia Qurban disarankan untuk memakai APD sesuai dengan protokol kesehatan guna mencegah penularan covid-19. Tahun ini terjadi peningkatan pemotongan hewan Qurban. Data dilapangan terdapat 1485 total ternak yang dipotong di tahun 2020. Terbagi dari sapi 1367 ekor dan kambing 117 ekor dari tahun sebelumnya yakni 1181 ekor. Karena tahun ini banyak jamaah haji yang tidak jadi berangkat ibadah haji sehingga mereka berqurban didaerahnya masing-masing serta mereka mengganggap ibadah qurban ini sebagai sedekah, jadi sangat pas jika dilakukan disaat pandemi seperti ini. (Yd)

Check Also

LIMA KECAMATAN DI KABUPATEN BANJAR MENDAPATKAN 10.000 EKOR BIBIT TERNAK ITIK DARI PROGRAM BANTUAN HIBAH

Program bantuan/hibah ternak itik di Kabupaten Banjar nampaknya akan kembali dilajutkan kembali di bulan Oktober …